FEP-General Orientation

Halo guys, kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman saya saat menjalani general orientation atau yang biasa kita singkat dengan GO. Jadi GO ini adalah salah satu dari program orientasi mahasiswa yang kalau di Binus namanya Freshmen Enrichment Program(FEP).  FEP dibagi menjadi 3 tahap yaitu General Orientation(GO), Academid Orientation(AO), dan juga Campus Life Orientation(CLO).

Nah guys saya pribadi mendapat giliran GO di batch yang pertama yaitu dari tanggal 18 Juli sampai dengan 23 Juli. Di GO ini, mahasiswa baru diperkenalkan dengan berbagai macam hal di Binus. Mulai dari tata cara perkuliahan, pembayaran, absen dan juga semua Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang ada di Binus ini. Tujuan dari program ini adalah agar mahasiswa baru dapat mengenal kampusnya dengan baik dengan begitu mahasiswa baru dapat menjalani kegiatan kuliahnya dengan baik.

Oh iya guys, jadi selama FEP ini, kita semua memiliki pendamping yang selalu siap sedia membantu kita dan membimbing kita dalam menjalani proses pengenalan perkuliahan. Nah mereka semua dipanggil Buddy Coordinator(BC) dan para mahasiswa baru disebut dengan buddy.

Hari pertama GO, kita semua datang hanya untuk dijelaskan peraturan-peraturan selama kita menjalani GO ini dan juga berkenalan dengan BC dan teman kita masing-masing. Kita juga diajarkan lagu Mars Bina Nusantara dan Mars Binusian dan juga diingatkan bahwa setelah menyanyikan lagu mars ini, jangan pernah bertepuk tangan karena lagu mars bisa diibaratkan lagu kebangsaan kita yang berarti harus kita nyanyikan dengan rasa penghormatan bukan dengan tepuk tangan.

Hari ke-2 GO kita diperkenalkan dengan tujuan universitas Bina Nusantara untuk membentuk lulusan yang memiliki global employability dan entrepreneur skills karena saat kita lulus persaingan pekerjaan akan semakin ketat diharapkan lulusan universitas Bina Nusantara bisa bersaing dengan lulusan universitas lain bahkan yang dari luar Indonesia. Kita juga diperkenalkan dengan website binusmaya yaitu website yang dipergunakan binusian untuk membantu proses perkuliahan. Karena binusmaya ini dipergunakan untuk melihat jadwal, tugas yang diberikan, nilai sampai melihat materi kuliah yang akan dibawakan. Karena itu kita diajarkan bagaimana memakai website binusmaya ini.

Hari ke-3 GO ini kita diberikan tips-tips sukses kuliah di Binus dan juga membimbing kita semua para mahasiswa baru untuk membuat goals apa yang ingin kita capai saat lulus nanti. Sehingga saat kuliah nanti, kita akan berusaha mencapai goals yang telah kita tentukan sebelum mulai perkuliahan. Kita juga dibekali dengan tata tertib kehidupan kampus yang berlaku di Binus ini. Contohnya adalah jangan membuang sampah sembarangan, memakai pakaian yang sopan, jangan pernah memplagiat hasil karya orang lain dan jangan mencontek.

Hari ke-4 GO kita diperkenalkan dengan kehidupan perkuliahan di Binus. Kita diajarkan bagaimana cara untuk absen yang di Binus telah menggunakan sistem tapping yaitu dengan kartu Binusian Card Flazz yang harus dibawa setiap kali ada perkuliahan. Kita juga dikenalkan dengan fasilitas-fasilitas yang menunjang binusian untuk melalui masa perkuliahan serta tata tertib saat mau mengikuti ujian. Dengan diperkenalkannya kehidupan perkuliahan dan tata tertib ujian diharapkan mahasiswa baru bisa menjalani perkuliahan sehari-hari dengan disiplin.

Hari ke-5 GO kita punya sesi yang cukup banyak. Pertama kita diberi tahu visi, misi, nilai serta budaya yang ada di Binus ini. Kita diperkenalkan dengan petinggi-petinggi Binus dan juga prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Binus. Sesi ke-2 di hari ini adalah sesi kerohanian di mana para mahasiswa baru akan dikumpulkan sesuai dengan agama yang dianutnya masing-masing dan mereka mengikuti kegiatan kerohanian sesuai dengan agama yang mereka pegang. Sesi ke-3 di hari itu adalah bunga rampai. Di sesi ini kita semua diperkenalkan dengan semua UKM yang ada di Binus ini. Dengan adanya sesi ini diharapkan binusian20 bisa memilih komunitas yang sesuai dengan passion dan hobinya sehingga mereka bisa berkembang di komunitas itu.

Hari ke-6 GO yang adalah hari terakhir diisi dengan 2 sesi. Sesi yang pertama kami jalani adalah sesi expo. Di Sesi ini kami diperkenankan berkeliling dengan bebas untuk bertanya-tanya dan bergabung ke UKM yang kita inginkan. Banyak juga UKM yang menunjukkan kebolehannya di stand mereka masing-masing untuk menarik perhatian mahasiswa baru agar bergabung dengan UKM mereka. Sesi ke-2 dan sesi terakhir GO kami ini adalah sesi kebersamaan. Di sesi ini kelas-kelas yang mengikuti GO batch ABN dikumpulkan ke dalam 1 aula besar dan diajak untuk sedikit bersenang-senang untuk melepas lelah. Setiap kelas diminta untuk menampilkan yel-yel mereka masing-masing. Para BC pun memiliki yel-yelnya sendiri.

Secara keseluruhan, menurut saya GO ini cukup menyenangkan. Tetapi sebagai saran, saya harap GO di tahun-tahun selanjutnya dapat lebih baik lagi seperti meningkatkan kualitas sesi kebersamaan agar mahasiswa baru dapat lebih mengenal lagi teman-teman yang tidak 1 jurusan dengan mereka. Dengan begitu mereka akan lebih baik lagi dalam bersosialisasi dengan orang-orang yang berbeda jurusan dan tidak membeda-bedakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *